Minggu, 21 April 2019

Pengertian Cobek

Cobek merupakan salah satu peralatan dapur yang bisa dibilang mutlak harus  ada. Hal ini karena fungsinya yang digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu masakan. Namun, sudah seberapa jauh anda mengenalnya?

Alat ini sebenarnya sudah ada sejak jaman paleolithikum (jaman batu). Para arkeolog menemukan bahwa pasangan dari ulek ini digunakan untuk menumbuk bahan makanan
Walaupun kini fungsinya yang banyak diketahui adalah sebagai penghalus bumbu masakan, dulunya tak hanya demikian. Dulu, alat ini biasa dimanfaatkan untuk menumbuk jamu, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Berhubung fungsinya digunakan untuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur maka bahan baku untuk membuat cobek harus kuat dan tahan lama. Beberapa bahan baku cobek yang ditemui yaitu batu, semen, kayu, dan tanah liat.
Dari keempat bahan tersebut, yang paling digemari masyarakat adalah yang terbuat batu. Sebab, menurut pengalaman masyarakat, bahan batu ini lebih kuat, antep (Jawa), dan awet. Berbeda dengan semen yang terkadang bahannya luntur saat mengulek. Sehingga dalam kurun waktu singkat cobek menjadi halus dan tak enak lagi digunakan.

Perkakas bernama yang juga disebut cowek ini keberadaannya mulai terkalahkan dengan kehadiran blender. Akan tetapi, banyak pula masyarakat yang memang masih bertahan dengan ini.
Alasannya yaitu karena aroma dan cita rasa bumbu yang dihasilkan memiliki khas tersendiri dibandingkan menggunakan blender. Walaupun blender lebih praktis dan menghasilkan bumbu yang lebih halus, namun ada sesuatu khas dari bumbu yang lebih terasa jika menggunakan cobek. Ini pula yang menjadi alasan para koki tetap menggunakannya sebagai perkakas andalannya.
Sebagai alat yang lekat dengan kehidupan orang Indonesia, maka tak akan luput dari mitos di dalamnya. Dalam kehidupan Jawa, mitosnya ditemui sewaktu pernikahan. Sang mempelai biasanya akan diberi hadiah cobek. Pemberian ini memiliki arti sendiri untuk kehidupan kedua mempelai dalam mengarungi rumah tangga.

Artinya yaitu saat mengarungi kehidupan selanjutnya, pasutri selayaknya harus bekerja sama satu sama lainnya. Seperti halnya cobek dan ulekan yang bekerja sama sesuai fungsinya. Melengkapi satu sama lain adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh pasangan.